[Berita no.5, Maret 2022]

Jakarta, Redaksi PMB – BRIN. BRIN, Kamis (10/3) mengukuhkan gelar Profesor Riset kepada Dr. Ratih Dewanti M. Si (Bidang Teknologi Penginderaan Jauh), Dr. Ganewati Wuryandari, M.A (Bidang Hubungan Internasional), Dr. Widjajanti, M.Litt (Bidang Sosiologi Gender), dan Dr. Rike Yudianti (Bidang Teknik Material).

Profesor Riset yang dilantik pada Kamis (10/3) adalah Profesor Riset ke-634, 635, 636, dan 637 secara nasional. Kegiatan pengukuhan ini dilakukan secara hybrid (daring dan luring) sesuai dengan protokol keamanan kesehatan sesuai dengan ajuran pemerintah.

Pada pengukuhan gelar Profesor Riset ini dikukuhkan salah satu peneliti senior Pusat Riset Masyarakat dan Budaya yang menyampaikan orasi berjudul, “Sumbangan Perspektif Sosiologi Feminis: Representasi Perempuan Indonesia”.

Pada orasi pengukuhan gelar profesor ini Dr. Widjajanti, M.Litt menyampaikan kesimpulan bahwa “…Pengetahuan gender/feminism (g/f) di Indonesia tidak gagal, namun menghadapi yang memilin dan memojokan g/f…Representasi perempuan menunjukan pentingnya membangun critical mass, mereka memiliki empati, enigma dan passion, melalui skema beasiswa, revatilsiasi isu g/f dalam penelitian dan kagiatan akademik…Ruang publik dan ruang digital menjadi adaptasi dan perubahan gerakan perempuan dan pengetahuan perempuan, selain menjadi elemen kontribusi terhadap perkembangan 4th wave feminism. Pengetahuan tentang g/f adalah energi sebagai prosumer yang membuat teks untuk meningkatkan perempuan, seperti membuat herstory…” (Santoso, 2022)

Keluarga besar PMB BRIN mengucapkan selamat dan sukses atas dikukuhkannya Dr. Widjajanti, M.Litt sebagai Profesor Riset BRIN. (Dicky Rachmawan)

Sumber:

Santoso, W.M. 2022. Sumbangan Perspektif Sosiologi Feminis: Representasi Perempuan Indonesia. Orasi Profesor Riset BRIN tanggal 10 Maret 2022. Jakarta: Penerbit BRIN