Menjabat: September 2021 – saat ini

Lilis Mulyani, Ph.D. ditunjuk sebagai Plt. Kepala Kantor Pusat Riset Masyarakat dan Budaya – Badan Riset Inovasi dan Nasional (PMB BRIN) pada 9 September 2021. Beliau menggantikan Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani yang menjabat sebagai Plt. Kepala Organiskas Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora pada 1 September 2021. Lilis Mulyani, Ph.D. memiliki fokus bidang penelitian hukum, khususnya bidang kajian agraria dan sumber daya alam, metodologi hukum, serta hak asasi dan personalitas hukum kelompok (group rights dan legal personhood). 

Menjabat: September 2020 – September 2021

Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani ditunjuk sebagai Plt. Kepala Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI pada 16 September 2020. Beliau menggantikan Dr. Sri Sunarti Purwaningsih yang selesai masa baktinya sebagai Kepala PMB LIPI. Prof. Dr. Ahmad Najib Burnahi dikukuhkan sebagai profesor riset LIPI pada Agustus 2020 dengan orasi berjudul “Agama, Kultur (In)Toleransi, dan Dilema Minoritas di Indonesia”. Pada tahun 2020, beliau pun ditunjuk sebagai salah satu ikon Prestasi Pancasila bidang sains dan inovasi. Selain itu, ia juga memperoleh penghargaan sebagai Peneliti Terbaik LIPI 2020.

Menjabat: 2016 – September 2020

Dr. Sri Sunarti Purwaningsih adalah Kepala Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI pada tahun 2016 – 2020. Sebelumnya, beliau adalah peneliti senior di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI dengan kepakaran studi masyarakat dan demografi sosial.