Home Kegiatan FORUM DISKUSI BUDAYA (FDB) SERI 30: “Membangun Nasionalisme Melalui Bahasa dan Budaya”

FORUM DISKUSI BUDAYA (FDB) SERI 30: “Membangun Nasionalisme Melalui Bahasa dan Budaya”

0

Forum Diskusi Budaya (FDB) merupakan sebuah acara pertemuan antara akademisi dan masyarakat yang dilakukan dua mingguan. Acara rutin ini disponsori penuh oleh Pusat Riset Masyarakat dan Budaya (PMB), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

FDB merupakan salah satu dari bentuk Misi PMB di bidang ilmu pengetahuan, yaitu “memperkuat peran PMB sebagai rujukan dan jembatan aktivitas ilmiah dalam bidang sosial dan kemanusiaan pada level nasional dan internasional”. Kemudian, hal ini juga merupakan kerja nyata PMB untuk “membangun kapasitas untuk menjadi lembaga yang memiliki otoritas keilmuan dalam bidang masyarakat dan budaya serta membangun komunitas ilmiah pada tingkat nasional, regional dan global”.

FDB menghadirkan berbagai diskusi dari beragam sumber, seperti hasil penelitian, buku, tulisan jurnal, web, dan berbagai bentuk hasil peneltian lainnya. FDB Seri 30 ini akan mendiskusikan sebuah buku berjudul “Membangun Nasionalisme Melalui Bahasa dan Budaya”.

Diskusi artikel jurnal FDB kali ini berjudul “Membangun Nasionalisme Melalui Bahasa dan Budaya” merupakan sebuah buku yang ditulis oleh tim penulis yang terdiri dari 5 penulis yang berasal dari berbagai macam latar belakang. Membangun Nasionalisme Bahasa dan Budaya adalah sebuah buku penuh data lapangan dan analisis mendalam atas khazanah kekayaan bangsa. Ikatan kebangsaan sesungguhnya tersusun dari ikatan primordialisme berbagai kelompok etnik, bahasa, budaya dan agama yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara tergambar jelas pada kasus masyarakat Aceh, Dayak di Kalimantan Barat, Tetun dan Malaka di Nusa Tenggara Timur, dan relasi etnik di wilayah Papua dan Papua Nugini.(Editor: Dicky Rachmawan)

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal   : Senin, 31 Januari 2022
  • Waktu             : Pukul 09.30 WIB – selesai
  • Zoom ID         : 956 4550 6366
  • Password         : FDBPMB

NO COMMENTS

Exit mobile version