Home Tentang PMB LIPI Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Strategis PMB BRIN

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Strategis PMB BRIN

0

VISI PMB LIPI

Dalam menyusun visi atau keadaan yang menjadi harapan satker, PMB LIPI sebagai bagian dari institusi LIPI dan berada di bawah Kedeputian IPSK, merujuk kepada visi LIPI dan visi Kedeputian IPSK.

Visi LIPI  Jangka Panjang:

Menjadi lembaga ilmu pengetahuan berkelas dunia yang mendorong terwujudnya kehidupan bangsa yang adil, makmur, cerdas, kreatif, integratif, dan dinamis yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis.

Visi LIPI (target capaian tahun 2015-2019):

Menjadi lembaga ilmu pengetahuan berkelas dunia dalam penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Visi IPSK – LIPI:

Menjadi lembaga penelitian berkelas dunia dalam bidang ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa dan masyarakat global.

Visi PMB LIPI:

Menjadi lembaga penelitian berkelas dunia dalam bidang kemasyarakatan dan kebudayaan serta dapat menjadi rujukan ilmiah pada tingkat nasional dan global untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa dan masyarakat.

MISI PMB LIPI

Misi PMB LIPI ditetapkan dengan tetap merujuk pada misi LIPI dan misi Kedeputian IPSK, adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan temuan-temuan penelitian yang menjadi rujukan pengembangan ilmu sosial dan kemanusiaan (bidang kemasyarakatan dan kebudayaan);
  2. Menghasilkan pemikiran (dalam bidang kemasyarakatan dan kebudayaan) yang berkontribusi dalam proses perumusan kebijakan dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Memperkuat peran P2KK sebagai rujukan dan jembatan aktivitas ilmiah dalam bidang sosial dan kemanusiaan pada level nasional dan internasional.

TUJUAN PMB LIPI

Dengan dukungan para peneliti dari berbagai disiplin bidang sosial budaya (antropologi, sosiologi, sejarah, hukum, demografi sosial, agama, komunikasi) serta pegawai non peneliti sebagai pelaksana riset diharapkan PMB LIPI dapat menghasilkan hasil-hasil kajian yang ilmiah dan berkontribusi bagi masyarakat sesuai dengan tujuan organisasi PMB LIPI yaitu:

  1. Menjadi pusat penelitian yang menghasilkan penelitian yang berkualitas dan terdepan dalam bidang kemasyarakatan dan kebudayaan;
  2. Berkontribusi terhadap pemecahan persoalan dalam lingkup nasional, regional dan global bidang kemasyarakatan dan kebudayaan serta mampu menghasilkan rekomendasi kebijakan sosial budaya yang humanis, demokratis, dan menghargai keberagaman
  3. Membangun kapasitas untuk menjadi lembaga yang memiliki otoritas keilmuan dalam bidang kemasyarakatan dan kebudayaan serta membangun komunitas ilmiah pada tingkat nasional, regional dan global dalam bidang kemasyarakatan dan kebudayaan.

SASARAN STRATEGIS PMB LIPI

Tujuan satker diproyeksikan ke dalam enam dari sembilan sasaran strategis yang ditetapkan LIPI, yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kontribusi PMB LIPI terhadap daya saing bangsa berbasis hasil penelitian bidang kemasyarakatan dan kebudayaan;
  2. Meningkatnya rekomendasi kebijakan berbasis hasil penelitian bidang kemasyarakatan dan kebudayaan;
  3. Meningkatnya hasil penelitian yang berorientasi pada nilai tambah sumber daya dan perlindungan lingkungan;
  4. Meningkatnya jejaring dan kerjasama ilmiah nasional dan internasional yang berkualitas dan saling menguntungkan;
  5. Meningkatnya rujukan ilmiah dan informasi iptek yang diakses masyarakat
  6. Meningkatnya pengembangan kompetensi SDM penelitian
Sumber: Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LKJ) PMB LIPI 2018
* Informasi akan diupdate setiap akhir tahun
** last update Desember 2018
(rannyrastati)

NO COMMENTS

Exit mobile version